私はイエス·キリストと私の家族を愛して.

Foto saya
DKI JAKARTA, Jawa Barat, Indonesia
" love someone who is worthy and deserve to be loved ".

Selasa, 02 Oktober 2012

TANAMAN HERBAL"KUMIS KUCING"....



Nih saya mau memberikan sedikit info lagi nih tentang tanaman yang mempunyai nama yang menyerupai nama seekor hewan apa itu ? bentuknya seperti apa ? dan apakah benar-benar mempunyai manfaat yang besar buat manusia?mari kita kupas sedikit informasi tentang tanaman yang mempunyai nama "Kumis Kucing".Siapa yang tidak kenal dengan tanaman obat yang satu ini, bentuknya yang mirip kumis kucing, menjadi ciri khas tanaman obat yang satu ini. Tapi jangan salah selain berbentuk kumis kucing, ternyata tanaman obat ini banyak manfaat nya untuk mengobati bermacam penyakit. Daun kumis kucing di teliti mengandung glikosida orthosiphonin yang berkhasiat untuk melarutkan asam urat, fosfat dan oksalat dari tubuh. Terutama dari kandung kemih, empedu dan ginjal.

Kumis kucing (Orthosiphon stamineus Benth), yang juga dikenal dengan nama daerah seperti Kumis ucing, Misai kucing, Brengos kucing, Songot koceng, Remujung atau Sesaseyan adalah tanaman semak yang mempunyai batang basah tegak dengan tinggi mencapai 1,5 meter. Tanaman ini memiliki daun berbentuk telur taji dengan tepi bergerigi kasar.Bunganya mengeluarkan benang sari dan putik berwarna putih atau ungu. Benang sarinya berukuran lebih panjang daripada tabung bunganya dan bisa melebihi bibir bunga. Tanaman yang berasal Afrika tropis dan kemudian menyebar ke wilayah Asia dan Australia ini tumbuh di tempat-tempat yang kering maupun basah sampai ketinggian 700 meter di atas permukaan laut.Kumis kucing merupakan tanaman obat berupa tumbuhan berbatang basah yang tegak. Tanaman ini dikenal dengan berbagai istilah seperti: kidney tea plants/java tea (Inggris), giri-giri marah (Sumatera), remujung (Jawa Tengah dan Jawa Timur) dan songot koneng (Madura). Tanaman Kumis kucing berasal dari wilayah Afrika tropis, kemudian menyebar ke wilayah Asia dan Australia.

Nama daerah: Kumis kucing (Melayu – Sumatra), kumis kucing (Sunda), remujung (Jawa), se-salaseyan, songkot koceng (Madura). Spesies kumis kucing yang terdapat di Pulau Jawa adalah O. aristatus, O.thymiflorus, O. petiolaris dan O. tementosus var. glabratus. Klon kumis kucing yang ditanam di Indonesia adalah Klon berbunga putih dan ungu.


kalau kita membicarakan khasiat tanaman obat yang satu ini terlalu banyak untuk kita bahas beberapa saja manfaatnya oke.........

  1. Untuk memperlancar pengeluaran air kemih
    • Siapkan kumis kucing kira-kira 30 gram
    • Akar Alang-alang 30 gram
    • Meniran 30 gram
    • Cuci bersih kesemua ramuan tersebut
    • Rebus kesemua ramuan tersebut diair sebanyak tiga gelas sampai airnya berkurang menjadi 1,5 gelas
    • Minum ramuan tersebut 3x sehari dan setiap minum ½ Gelas
  2. Mengobati batu ginjal
    • Siapkan Daun kumis kucing 25 gram
    • Daun ngokilo 25 gram
    • Daun keji beling, dicuci 25 gram
    • Daun meniran dengan akarnya 25 gram
    • Kesemua ramuan tersebut rebus dengan air sebanyak empat gelas sampai mendidih
    • Minum sampai habis air ramuan tersebut dalam sehari
    Untuk mengobati batu ginjal anda juga dapat mencoba cara yang lain, yaitu :
    • Siapkan daun kumis kucing yang masih segar 3 genggam
    • Daun keji beling 5 lembar
    • Cuci sampai bersih kesemua ramuan tersebut
    • Kedua ramuan tersebut rebus dengan kapasitas air dua gelas sampai mendidih,
    • Minum rebusan ramuan tersebut 2x sehari pagi dan sore selama 10 hari, setelah sepuluh hari ganti dengan meminum rebusan jagu muda 1x sehari. 
Jadi sebenarnya indonesia ini sangat kaya akan berbagai tanaman-tanaman obat dan bahkan bisa dibilang indonesia merupakan salah satu tempat di dunia yang mempunyai varietas tanaman obat yang sangat banyak ragam jenisnya selain tentunya negeri RRC,jadi kita harus bangga dan harus bisa melestarikan semua warisan atau pemberian dari TUHAN.Demikian sekilas info tentang tanaman herbal atau obat yang mempunyai nama seperti hewan kucing semoga dapat bermanfaat bagi kita semua oke........makasih.

Kepada semua narasumber saya mengucapkan banyak terima kasih dan apabila ada kesalahan dan penambahan penulisan saya mohon maaf yang sebesar-besarnya dan mohon dibukakan pintu maaf.....

Sumber :

http://id.wikipedia.org/wiki/Kumis_kucing
http://forum.kompas.com/kesehatan/101724-khasiat-kumis-kucing-untuk-mengobati-       berbagai-  penyakit.html
http://www.iptek.net.id/ind/pd_tanobat/view.php?id=44
http://farmasibahanalam.wordpress.com/databased-tanaman-obat/kumis-kucing/






Tidak ada komentar:

Posting Komentar