私はイエス·キリストと私の家族を愛して.

Foto saya
DKI JAKARTA, Jawa Barat, Indonesia
" love someone who is worthy and deserve to be loved ".

Senin, 13 Mei 2013

Cegukan? Atasi dengan cuka apel!

Selama ini kita mendengar bahwa cuka apel bisa digunakan untuk terapi penyembuhan penyakit yang serius, dengan mengeluarkan racun-racun dalam tubuh setelah rajin meminumnya sesuai aturan terapi. Tetapi tahukah bahwa dalam keseharian Anda, ada juga manfaat dari cuka apel yang bisa Anda peroleh? Reader's Digest Asia memberikan beberapa kegunaan dari cuka apel dalam mengatasi keluhan fisik sehari-hari.

1. Mengatasi kelelahan
Kelelahan bisa ditimbulkan dari berbagai penyebab, olahraga yang ekstrim, aktifitas yang berat, dan juga stres, karena semuanya itu dapat memicu asam laktat pada tubuh yang menyebabkan rasa lelah. Asam amino yang terdapat dalam cuka apel dapat menetralkannya, selain itu apel cuka mengandung potasium dan enzym yang dapat menghilangkan perasaan lelah karena stres. Hanya dengan mencampurkan satu sendok atau dua sendok cuka apel ke dalam segelas air atau jus sayur.

2. Memutihkan gigi
Kebiasaan merokok dan minum kopi dalam jumlah lebih dapat mengakibatkan perubahan pada warna gigi. Menggosok gigi dengan baking soda seminggu sekali dapat memutihkan gigi Anda dan menghilangkan noda-noda pada gigi. Ada juga yang mencoba menggosok gigi dengan garam untuk mengatasi keluhan warna gigi tersebut.

Kini cuka apel juga dipercaya mampu memutihkan gigi Anda jika digunakan secara teratur. Caranya: kumurlah dengan cuka apel setiap pagi, setelah itu Anda dapat menggosok gigi seperti biasa. Cuka apel yang Anda pakai kumur dapat membunuh bakteri dalam mulut, membersihkan noda-noda dan memutihkan gigi.

3. Masalah perut
Anda pernah mengalami diare? Diare bisa disebabkan karena masuknya bakteri ke dalam tubuh melalui makanan atau minuman yang tidak bersih atau karena stres yang memicu asam lambung meningkat sehingga terjadi diare. Anda bisa manfaatkan cuka apel untuk mengatasinya, kandungan antibiotiknya dapat mematikan bakteri yang menyebabkan diare, serta kandungan pectin pada cuka apel dapat menenangkan kerja usus yang dipicu oleh rasa sakit.

4. Meredakan cegukan
Cegukan yang pernah kita alami disebabkan karena masuknya makanan atau minuman ke dalam saluran pernafasan, biasanya terjadi saat kita minum atau makan terburu-buru, sehingga saluran pencernaan tidak dapat kerja dengan baik. Saat Anda cegukan ambillah satu sendok teh cuka apel lalu minumlah secara langsung, tanpa perlu dicampur dengan air. Rasa asam yang terdapat dalam cuka tersebut dapat meredakan cegukan, pernafasan Anda tidak terganggu lagu, makan dan minumpun kembali lancar.

5. Mencegah gangguan pencernaan
Anda mungkin pernah merasakan sakit entah pada bagian usus atau lambung setelah makan sesuatu. Hal ini disebabkan karena makanan yang Anda konsumsi tidak sehat, kondisi tubuh Anda sedang tidak fit, pencernaan Anda terganggu, dan lain sebagainya. Karena itu 30 menit sebelum makan minumlah segelas air hangat yang dituangi 1 sendok teh cuka apel dan 1 sendok teh madu. Minuman tersebut dapat melapisi organ-organ pencernaan supaya makanan dan minuman yang masuk tidak sampai melukai atau menyebabkan rasa sakit.

6. Meredakan kram kaki
Kram adalah kondisi yang disebabkan karena ketegangan pada otot, bisa karena kelelahan atau gerak tubuh yang mendadak sehingga menyebabkan shock pada otot tubuh. Karena itulah kram lebih sering terjadi pada malam hari. Bagi Anda yang sering mengalami kram, Anda bisa mencoba resep tersebut untuk mengatasinya. Saat kram Anda bisa mengonsumsi 2 sendok makan cuka apel yang ditambah dengan sedikit madu ke dalam segelas air hangat.

7. Meredakan hidung tersumbat
Hidung yang tersumbat itu sangat menjengkelkan bukan? Hidung terasa sakit, susah bernafas, juga bisa menyebabkan pusing. Cuka apel kembali memegang peranan untuk mengatasinya. Minumlah segelas air yang dicampur dengan 1 sendok teh cuka apel untuk meredakannya serta untuk memperlancar sinus.

8. Meredakan gangguan tenggorokan
Gangguan tenggorokan bisa disebabkan oleh kuman atau bakteri yang masuk melalui rongga mulut dan menyebabkan peradangan, sehingga saat-saat makan bisa memicu rasa sakit pada tenggorokan. Cobalah untuk kumur dengan 1/4 cangkir cuka apel yang ditambah dengan 1/4 cangkir air hangat sesering mungkin menurut selera Anda. Rasa asam yang memenuhi seluruh rongga mulut dapat mematikan bakteri yang ada di dalamnya.

Manfaat cuka apel cukup banyak bukan? Dari masalah cegukan hingga masalah pencernaan, cuka apel bisa mengatasinya. Mengingat kemudahan mendapatkan cuka apel, mengapa Anda tidak mencoba untuk mengatasi keluhan dalam tubuh Anda dengan cuka tersebut? Niscaya Anda akan memperoleh tubuh yang sehat dan terhindar dari penyakit.

Sekian dulu tips dan info dari saya semoga bermanfaat dan kepada semua nara sumber saya mengucapkan terima kasih dan apabila ada penulisan yang salah dan ada penambahan maupun pengurangan saya mohon dibukakan pintu maafnya ya,,, terimakasih.
 
Sumber :
http://log.viva.co.id/news/read/286861-lima-jurus-atasi-cegukan
http://health.detik.com/read/2012/05/10/155937/1914222/763/hiccupop-permen-lolipop-untuk-atasi-cegukan?l771108bcj
http://health.okezone.com/read/2012/06/08/482/643650/redirect
http://infomanfaat.com/821/manfaat-dan-khasiat-cuka-apel/buah

Tidak ada komentar:

Posting Komentar